Lakukan Strategi Ini Untuk Mendapatkan Audience Yang Lebih Berkualitas!
Hi Sahabat DMA..
Bagi anda yang menjalankan bisnis online, tentunya sering berhadapan dengan berbagai jenis calon customer setiap harinya. Ada yang menyenangkan, namun tak sedikit yang melelahkan. Mungkin ada dari anda yang sering menerima komentar produk nya lebih mahal dari toko sebelah? Atau udah tertera diskon masih aja ditawar lebih murah?
Sering audience mengomentari postingan kita dengan menyertakan produk kompetitor yang hampir serupa namun lebih murah sehingga mengacaukan harga penjualan kita. Tak sedikit juga dari komentar-komentar yang masuk menanyakan COD (Cash On Delivery), tidak jelas apakah audience tersebut terkendala dengan kepemilikan ATM atau kartu kredit, atau memang tidak percaya dengan berbelanja via transaksi non tunai.

Hasil riset memperlihatkan bahwa sebagian besar tipe customer tersebut dikategorikan pada tipe audience yang sering “hunting for discount” atau mengejar diskon ataupun produk gratisan/give away. Maunya cuma free+shipping atau cuma bayar ongkos kirim, tapi kalau ditawarin beli gak mau. Ada juga tipe audience yang memang selalu memilih berbelanja secara tunai. Maka dari itu biasa mereka meminta COD (Cash On Delivery) untuk pembelanjaan online.
Mungkin tipe-tipe audience seperti ini bisa dimanfaatkan untuk traffic pengunjung store kita, namun tidak valid untuk dijadikan sebagai cerminan data pembeli di kemudian hari. Gak mungkin donk kita promo produk gratisan melulu!

Kadang tak sedikit waktu yang terbuang sia-sia menghadapi calon customer seperti ini dan ujung-ujung nya gak jadi beli. Tipe-tipe audience seperti ini dianggap sebagian besar advertiser memiliki tingkat closing yang rendah, sehingga cenderung ingin iklan mereka terhindar dari tipe audience seperti ini. Namun, ternyata Facebook sendiri juga memiliki data untuk tipe audience seperti itu untuk menjawab permasalahan ini. Maka, bagi anda yang sering berhadapan dengan permasalahan ini, kini sudah ada solusi nya!
Cara Untuk Mendapatkan Calon Customer Yang Lebih Berkualitas
Jika anda ingin terhindar dari calon customer yang sering mencari celah diskon atau menanyakan fasilitas COD, anda harus mengeluarkan/exclude tipe-tipe calon customer tersebut dari targeting iklan anda.
Berikut contoh ilustrasi interest audience dengan closing rate yang rendah untuk business online anda (market yang diilustrasikan adalah market US)
Berikut contoh ilustrasi interest audience dengan closing rate yang rendah untuk business online anda (market yang diilustrasikan adalah market US)
Gambar diambil dari clixmarketing.com
Gambar diambil dari clixmarketing.com
Bisa terlihat pada gambar ilustrasi bahwa terdeteksi audience sebesar 10 juta pengguna Facebook yang cenderung sering mencari celah diskon atau produk gratisan, serta 42 juta pengguna Facebook yang cenderung memilih pembayaran tunai dalam bertransaksi. Jumlah kedua audience ini mencapai 52 juta orang dari 230 juta pengguna Facebook di US. Jumlah ini hampir setara dengan 20% penduduk US!!!
Bisa dibayangkan jumlah audience seperti ini mencapai puluhan persen di suatu negara. Jika kita menjalankan iklan tanpa batasan interest di atas, tentunya iklan kita berpotensi ditayangkan kepada mereka juga. Iklan bakalan jadi mahal karena closing rate tipe audience tersebut sangat rendah. Maka dari itu, anda harus mencari interest serupa pada negara tujuan iklan anda dan mengeluarkan nya dari targetting iklan anda. Hal ini akan menyaring calon pembeli produk anda menjadi lebih berkualitas.
Sahabat DMA, kini saatnya anda mengucapkan selamat tinggal kepada audience yang susah closing dan fokus maksimalkan iklan anda kepada audience terbaik anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar